Sabtu, 18 Desember 2010

Subhanallah,,,,kenapa gigi kita copot???


Subhanallah,,,,,,,,,. Tahukah Engkau kenapa gigi kita bisa copot?????????????
Adik-adik yang manis dan cantik ‘n cakep,,,,kadang-kadang pada saat kita sedang asyik2nya makan, tiba2 ada sesuatu yang merasa berbeda dalam mulut kita dan ada suatu benda yang yang keras dan ikut terkunyah dengan makanan,,,,eeh setelah di liat ternyata gigi kita copot,,,,,,,,,,. Lho kok bisa ya gigi kita copot???????? Ternyata setelah cari tahu kesana kemari ternyata gigi adalah organ tubuh yang berguna untuk membentu menguyah makanan dan membantu kita lancar dalam berbicara. Tak seperti organ tubuh yang lainny yang sudah lengkap disaat bayi lahir. Gigi biasanya baru muncul sejak bayi berumur kurang lebih enam bulan.
Gigi yang pertama muncul disebutnya gigi susu. Dan umumnya gigi bagian depan yang disebut gigi seri. Setelah gigi pertama ini tumbuh berturut-turut, gig yang berada disebelah kiri dan kanan baik dibagian atas maupun bawah akan tumbuh juga. Jumlah keseluruhan gigi susu ini 20 dan akan tumbuh lagi dengan sempurna hingga anak-anak berusia 4 tahun.
Naahhhhhh,,,,, adik2 perlu diketahui bahwa selama proses pertumbuhan, adik2 tak hanya tak hanya akan bertambah berat dan tinggi. Diam2 didalam gusi akan tumbuh gigi tetap yang akan menggantikan posisi gigi susu. Dengan pasokan makanan dan minuman yang cukup, gigi ini tumbuh dan semakin besar dan tinggi hingga ia mendesak gigi susu yang berada dibagian atas. Dan sebagaimana dengan namanya gigi tetap ini merupakan gigi yang akan menetap dan menemani kalian mengunyah dan berbicara hingga berusia tua nanti.
Terus adik2,,,,saat gigi tetap ini tumbuh, akar gigi susu pun menjadi goyah hingga gigi adik2 akan terasa bergoyang laksana pohon diterpa angin kencang,,,,,hehehhe. Kok disamain dengan pohon sch???????????? Itu Cuma perumpamaan ajah,,,karena gigi susu ini akan terasa goyang hinga dapat digerakan kedepan dan kebelakang,,,,gitu adik2..

Naaahhh kalau sudah terasa goyang, gigi susu ini akan mudah sekali dicabut dan tidak akan terasa sakit, sebab akarnya yang mencengkram gusi sudah hampir tercabut semua. Tak heran kan gigi ini bisa copot tanpa disadari,,,,. Jumlah gigi tetap yang akan dimiliki seoranga mausia dewasa adalah 32 buah. Dan dengan perawatan yang baik, digosok setiap kali sudah makan dan sebelum tidur. Gigi adik2 akan tumbuh sehat dan kuat. Nah kalau gigi kita sehat kan maka proses makan , minum dan bicara juga akan menjadi lancar pula....
Dapat dipahami adik2,,,,,,,,????????????????
Subhanallah, maha besar Allah yang sudah menyiapkan gigi yang penuh manfaat bagi kita.

Created by : Putri Bungsu (R.diana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar